Pengertian ROOT ~ Blognya Adhithama Gp. N

Pengertian ROOT


Saya tidak terlalu paham resiko dari root atau unroot tetapi di sini saya coba melukiskan secara akal pikiran apa sieh akibat dari root dan unroot itu sendiri !

            ROOT ( dalam artian saya sendiri ) : Suatau proses atau usaha yang dilakukan kepada HH kita , agar kita dapat sepenuhnya  melakukan control sytem terhadap HH android kita.( Memodifikasi HH Secara sebagian atau keseluruhan )

Ciri2 HH sudah di rooting :
  1. Ada gambar atau icon tengkorak( berwarna hitam atau hijau ) di app drawer
  2. Menggunakan app ROOT CHECKER
  3. Terdapat app yang bernama SuperUser

Kenapa Harus ROOT ???? :
  1. Karena  dengan root kita mendapat kan akses penuh di hh kita
  2. Dengan root kita dapat mengubah sytem dengan sesuka hati kita tetapi harus sesuai prusedur.
  3. Dengan root kita dapat memasang link 2 Sd, Dt, App 2 Sd, Root Xplorer, Sd main Dan lain2 yang membutuhkan akses root atau SuperUser.
  4. Dengan root kita dapat mengganti atau memodif tampilan, foot, animation, backgroud dan lain2.
  5. Dan kebanyakan aplikasi2 yang bagus harus memerlukan akses Root ( SuperUser)
  6. Masih banyak lagi yang dapat dilakukan dengan hh di Root


Sedikit kerugian pada saat root :
  1. Yang paling utama adalah kita tidak bisa mengklaim Garansi resmi ke Produsen HH kita dalam keadaan root, kita harus flashing ulang atau paling tidak HH kita mati total ( Pengalaman Teman2 di group sebelah )

Syarat Root Bagi saya sendiri :
  1. Memahami segala resiko yang akan terjadi apabila hh dalam keadaan ROOT
  2. Membaca dan mencarai informasi bagaimana cara root HH kita yang baik dan memiliki keamanan yang tinggi.( kalau gagal g papa )
  3. Menyiapakan FIRMWARE ORIGINAL HH kita, jadi apabila ada kerusakan atau kesalahan sytem kita dapat melakukan flasing ke FW oroginal HH kita dan dapat mengclaim garansi, ( kecuali sony, apabila sudah unlock bootloader/RDM hilang )
  4. Pesiapkan semua bahan rooting, jangan ada yang ketinggalan.
  5. Baca petunjuk root HH yang benar, step by step. Apabila kurang paham , silahkan bertanya kepada teman yang telah berhasil melakukan root.
  6. 6.      Proses ROOT sekali Jalan jadi jangn setengah2 ya
  7. 7.      Berdoa dan INGAT apa yang anda lakukan, maka anda harus tanggung sendri resikonya.

Amankah melakukan unroot Langsung :
Ini yang paling banyak di tanyakan, ini versi dari saya sendiri maaf kalau salah :

Anda harus tau apa itu Root ? Untuk apa Anda melakukan Root ? 
Apabila alasan anda melakukan root seperti yang saya sebutkan di atas maka berhati – hati lah kalau melakukan UNROOT langsung. 
Kenapa ?? Pada saat ROOt di HH kita banyak sekali terdapat APP yang membutuhkan AKSES ROOt ( kalau tidak ada, mustahil ), apalagi kalau sudah melakukan modif sytem, tampilan, bootanimations,dan menggubah set permission di HH menggunakan ROOT XPLORER dan semuanya pasti memerlukan Akses ROOt/SUPERUSER, 
Pertanyaaan saya ?  
APABILA MELAKUKAN UNROOT LANGSUNG APAKAH AMAN ? SETELAH PENJELASAN SAYA DI ATAS, PADA SAAT ROOT BANYAK DI HH KITA APLIKASI DAN SYTEM YANG MEMERLUKAN AKSES ROOT, KALAU TIBA2 AKSES ITU HILANG APA YANG TERJADI .....????? 
SAYA TIDAK PERNAH COBA DAN GAK MAU COBA’ ,,,, 
LEBIH BAIK FLASING AWAL DENGAN MENGGUNAKAN FW ORIGINAL, ITU LEBIH AMAN DAN MANTAP.

Credit - Official Galaxy Tab 2 7.0

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Categories

Blog Archive

ad

About Me

My photo
Hay... Salam kenal dari saya, saya merupakan mahasiswa dari Binus University semoga terhibur dan enjoy pada blog saya